BUDAYA

 PERANG PUPUTAN BAYU

Belanda mendarat di Banyualit 1767,menguasai daerah ulu Pangpang dan Lateng (Rogojampi).Rakyat Blambangan disuruh kerja paksa membangun benteng,jalan,tebeng air Gunung Iwak.REMPEG menyusun kekuatan di daerah Bayu.Rakyat Blambangan berduyun-duyun menjadi pasukan berani mati.

Melihat Bayu menjadi benteng yang kuat,tanggal 3 Agustus 1771 VOC mengirimkan pasukan menyerang BAYU.Ternyata pasukan pasukan VOC setibanya di Bayu malah gabung dengan REMPEG.Tanggal 22 Sep tember 1771 Letnan Imhof di bantu pasukan dengan para bupati Jawa Lor menggempur Bayu.Belanda mati.Pasukan Rempeg menguasai Benteng VOC di Lateng.



Tanggal 14 Desember 1771 tentara VOC YANG DIPIMPIN Kapten Reygers mengeluarkan semua kekuatannya.Didukung tentara dari garnisum Batavia,Yogyakarta,Surakarta,Surabaya,Semarang,dan Pasuruan menggempur lagi benteng Bayu.Tapi laskar Blambangan  terus menggempur VOC .Akhirnya Kapten Reygers mati.

Tanggal 18 Desember menjadi pertaruhan nyawa.Laskar Blambangan.Laskar Blambangan terus menyerang VOC .VAN SCHAAR  YANG MENJADI PIMPINAN Belanda kepalanya dipotong ditancapkan di tombak diarak keliling desa.Namun laskar Blambangan kehilangan pemimpinnya.REMPEG GUGUR.
Pangeran Jagapati ( REMPEG) GUGUR KARENA LUKA BERAT.

Tanggal 11 Oktober 1772, 7000 tentara VOC yang dipimpin Henrich menyerang Bayu menggunakan meriam dan senjata berat lainnya.Terjadilah perang dahsyat.Benteng Bayu direbut Belanda.Tapi korbannya sedikit karena laskar Blambangan banyak yang lari ke hutan.


Pejuang Bayu yang ketangkap dibunuh.Kepalanya gigantung-gantungkan di pepohonan dan ditancapkan di tiang pagar-pagar sepanjang jalan.Sekitar 2500 orang sisa pejuang Blambangan laki perempuan di larutkan di laut.

Diakui sendiri oleh VOC perang puputan bayu adalah perang yang paling kejam paling ganas dan paling banyak korbannya, dibanding perang VOC di nusantara.Karena banyaknya korban rakyat Blambangan setelah perang tinggal 5000-an.Untuk merebut Blambangan VOC menghabiskan dana 8 ton emas.

                                                                                                               Ditulis dari buku basa using klas 6